Bertugas dalam pengelolaan administrasi umum, kepagawaian, keuangan, perlengkapan, kerumahtanggaan, hukum, kelembagaan serta tugas-tugas hubungan masyarakat dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jombang. Untuk melaksanakan Tugas dimaksud, Sekretaris mempunyai Fungsi :

  1. Pengelolaan Urusan rumah tangga, perlengkapan, surat menyurat dan kearsipan serta pengelolaan, perbaikan, perawatan sarana dan prasarana kantor;
  2. Pelaksanaan pengkoordinasian urusan kepegawaian dan upaya peningkatan kemampuan serta kesejahteraan pegawai;
  3. Pengelolaan Tata Usaha keuangan, anggaran, laporan pertanggungjawaban serta pembayaran gaji dan pembayaran lainnya;
  4. Pengkoordinasian penyusunan program dan akuntabilitas laporan;
  5. Pemeliharaan kebersihan kantor, tugas keprotokolan dan perjalanan dinas;
  6. Pengelolaan produk hukum dan perundang-undangan;
  7. Pelaksanaan tugas-tugas hubungan masyarakat;
  8. Pelaksanaan pelayanan teknis administrative kepada Kepala Pelaksana BPBD dan semua karyawan di Lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jombang;
  9. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana BPBD sesuai dengan bidang tugasnya.