HUJAN PADA MUSIM KEMARAU APAKAH PENYEBABNYA ?

Gelombang Rossby dikenal dengan gelombang planet yang terjadi secara alami karena rotasi bumi. Gelombang rossby ini mempengaruhi perubahan cuaca dan iklim.
Jawa timur diguyur hujan cukup merata pada 11 Agustus 2020. Salah satu penyebabnya adalah adanya indikasi gangguan gelombang rossby pada di laut jawa pada lapisan 850 mb (milibar) hingga 200 mb (milibar), sehingga menyababkan atmosfer cukup lembab. Hal ini dapat menambah potensi terjadinya hujan di wilayah jawa, khususnya di jawa timur.
Adanya pusaran dibarat daya mengakibatkan terbentuknya konvergesi di jawa timur. Konvergesi merupakan pertemuan dua massa udara atau lebih menuju wilayah yang memiliki tekanan udara yang lebih rendah, sehingga mengakibatkan adanya pertumbuhan awan konvektif penyebab hujan.
Gelombang atmosfer yang bergerak merambat dari barat ke timur dengan membawa massa udara basah. Berdasarkan diagram, gelombang tersebut pada tanggal 9 Agustus 2020 sedang berada pada fase aktif di wilayah perairan indonesia, berapa pada kuadran 4-5.
Dikarenakan sifat hujan berasal dari faktor perubahan kondisi suhu, angin, dan kondisi cuaca maka masyrakat dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi vitamin serta gizi yang cukup.

Penulis : Siska Febiola Sherlyn Rahmadita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *