PENGURANGAN RESIKO BENCANA (PRB)

Pengurangan resiko bencana adalah konsep dan praktik mengurangi resiko bencana melalui upaya sistematis dalam menganalisa dan mengurangi faktor-faktor penyebab bencana.  Ada dua faktor utama penyebab bencana, yaitu kerawanan alam dan kerentanan manusia.

Kerawanan alam adalah keadaan yang timbul akibat fenomena alam. Hal ini memiliki kemungkinan yang kecil untuk dihindari, khususnya di daerah-daerah rawan bencana seperti perbukitan atau lereng terbuka atau gundul. Kerawanan alam tersebut dapat ditekan dengan menjaga keseimbangan alam. Bagaimanapun, manusia mempunyai peran dan tanggung jawab besar terhadap kerusakan alam.

Sedangkan, kerentanan manusia adalah keadaan atau kondisi di mana masyarakat menjadi korban yang dirugikan dari dampak bencana alam. Oleh sebab itu, diperlukanlah edukasi tentang kebencanaan, supaya masyarakat akan siap dan sigap dalam menghadapi bahaya dan ancaman bencana alam. Sehingga, jumlah resiko bencana alam pun dapat berkurang.

 Untuk menurunkan angka kerentanan manusia terhadap ancaman bencana perlu upaya penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Sosialisaasi kebencanaan, Aplikasi dan website terkait kebencanaan, sekali lagi, oleh BPBD Kabupaten Jombang, diperuntukkan kepada masyarakat untuk menunjang upaya pengurangan resiko bencana.

Baik kerawanan alam dan kerentanan manusia merupakan sebuah resiko bencana. Namun, potensi bencana dapat dikenali sejak dini, sehingga dampaknya tidak akan memakan banyak kerugian. Maka, lembaga terkait yang bertanggung jawab menangani kebencanaan seperti BPBD Kabupaten Jombang, dan masyarakat, sudah seharusnya bekerja sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *