Pelatihan Shelter untuk Korban Bencana Alam di Lembaga Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ds. Solorejo, Kec. Mojowarno, Kab. Jombang

Kondisi cuaca yang membutuhkan perhatian lebih, di musim penghujan ini seringkali menimbulkan bencana dan musibah seperti banjir, angin kencang, longsor dsb. Untuk mempermudah manajemen penanganan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang terus-menerus melakukan sosialisasi dan simulasi kebencanaan terhadap lembaga-lembaga masyarakat.

Kesadaran masyarakat pada masalah kebencanaan menjadi sangat penting. Oleh sebab itu, kemarin, Sabtu, 30 Desember 2017,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang mengisi Pelatihan Shelter untuk Korban Bencana Alam di lembaga Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ds. Solorejo, Kec. Mojowarno, Kab. Jombang.

Setelah mendapat materi ruangan, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ds. Solorejo Kec. Mojowarno, Kab. Jombang, langsung melakukan praktek pendirian tenda pengungsian bagi korban bencana alam di lapangan. Ada 2 tenda pleton yang dikeluarkan oleh  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang. Anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ds. Solorejo Kec. Mojowarno, Kab. Jombang dibagi menjadi dua regu terpisah, dan kemudian dipilih 10 anggota tercakap untuk mengikuti lomba pendirian tenda di Pasuruan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang sangat mendukung semangat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ds. Solorejo Kec. Mojowarno, Kab. Jombang untuk menambah kemampuan anggotanya tentang kebencanaan. Diharapkan lembaga-lembaga masyarakat lain juga memiliki semangat yang sama karena hal ini dapat membantu mengurangi kerugian dan beban korban karena bencana alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *